Indera Batin

Sampeyan pernah nyaksiken orang makan kepiting? Atau malah sampeyan pernah makan kepiting? Itu adalah aktivitas makan yang penuh perjuangan. Karena acara makannya diawali dulu dengan pertempuran melawan cangkang, yang seringkali mengorbankan jari, lidah dan bibir. Tapi tetep saja makin asyik. Malah harganya muahale pol. Kenikmatannya berbanding lurus dengan perjuangannya.

Beda lagi dengan makan sego bangdeng alias sego kucing. Ini menu khas kaum dhuafa wal marjinal, berupa sego sak kepel dirubung sambel sak uprit, plus bandeng atau ikan asin nyak imit. Tak sampai sepeminuman teh bisa ludes sebungkus. Rasanya ngedabh-ngedibh, mak nyos... kotos-kotos.

Beda lagi dengan makan kambing guling, ayam panggang, es kopyor, es cendol atau menu makanan dan minuman lainnya. Gak susah saya ceritakan, ha wong saya yang nulis sendiri saja malah kemecer, apalagi sapeyan yang baca...


Tapi bayangkan jika sampeyan kena trilogy sariawan, alias sariawan telung panggonan. Satu di ujung lidah, satu di tenggorokan, dan satu lagi di pipi dalam yang biasa dipakai buat ngunyah. Acara makan bisa menjadi acara penuh siksaan. Makan gak banyak, gak mau lama-lama, menu apa pun bisa bikin derita. Apalagi jika ditambah giginya kerowok semua dan pas kumat... wuahhh..... mantabh. Jadi untuk mendapatkan rasa nikmatnya makanan, selain makanannya sendiri harus nyamleng, si penikmat juga harus beres kesehatan inderanya. Itu berlaku tidak hanya untuk makanan.

Nah itu urusan dhohir. Sekarang coba sampeyan rasakan sholat dan puasa sampeyan! Menyiksa diri sampeyan gak? Saat sholat, sampeyan merasakan nikmatnya sholat gak? Atau pinginnya buru-buru?

Demikian pula gimana hati sampeyan saat sedekah? Berat penuh siksaan, atau ringan penuh kenikmatan? Gimana hati sampeyan saat mbaca dan tadarus Al-Qur'an? Penuh kelezatan menikmati hurup demi hurup, atau ngebut ngalor-ngidul yang penting katam 30 juz??? Gimana hati sampeyan kalo berjilbab? Merasa lebih malu saat rambut kepalannya ditutupi, melebihi malunya mereka yang bahkan rambut kemaluannya saja diumbar???

Nikmat dan tidaknya ibadah kita sebenarnya lebih banyak ditentukan beres tidaknya indera batin kita. Kalo indera batinnya sehat, maka sholat, puasa, sedekah, tadarus Al-Qur'an, teraweh, berjilbab dan sebagainya adalah menu nikmat yang enak disantap dan perlu.


Maka Nabi Muhammad SAW sholat malam kakinya sampai abuh bengkak gak masalah. Nyerinya abuh kalah oleh nikmatnya sholat. Sebagaimana nyerinya ketusuk cangkang kepiting kalah oleh lezatnya daging kepiting. Sholat lama malah nyamleng, seperti gak mau berakhir sebagaimana sedapnya menikmati sate tusuk demi tusuk... gak mau segera kenyang dan berakhir.

Jadi, kalo ada yang sholatnya ngebut pencilakan, Al Fatihah dibaca dalam satu napas, trus sujud rukuk cuma manthuk-manthuk kayak manuk negkuk, itu orang indera batinnya lagi error. Gak doyan barang enak, sebagaimana orang sakit yang disuguhi banyak makanan nyamleng tadi.

Di Kitabullah diceritakan tentang orang munapik. Ini oknum batinnya ada penyakitnya, alias fii qulubihim marodhun. Akhirnya, segala macem ngibadah maunya kilat express karena gak mau ndikir illa qolilaa (kecuali sak crit saja). Maka, kalo pun sholat, ya model orang aras-arasen. Ninggal sholat ogah, serius juga gak mau...

Sekarang rasakan pada diri kita. Seberpa nikmat ibadah bisa kita rasakan? Kalo masih macem orang kesiksa, berarti batin sampeyan error, perlu diobati, perlu diopname. Kalo buat sakit dhohir saja mau njual sawah, sapi, mobil dan bahkan rumah agar dhohir bisa sehat kembali. Lantas apa yang bisa sampeyan korbankan agar batin bisa sehat? Mau opname di mana batin sampeyan...?

Sebagian orang menyarankan Ramadhan bisa jadi Rumah Sakit sarana menyehatkan batin. Rawat inap, minum obat pahit, makan menu rumah sakit yang dijamin anyep, gak boleh ini dan gak boleh itu. Tapi kalo selama dirawat kok klayapan, pantangan dilanggar, obat dimuntahin, makan enak sak kayange... Keluar dari rumah sakit akan semakin parah penyakitnya. Yang jelas, saat ini makin banyak manusia yang kehilangan nikmatnya beribadah... dan malah banyak merasakan nikmatnya maksiat...

0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan posting lewat email

Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner


Anak Indonesia Harapan Masa Depan

↑ Grab this Headline Animator


penerus_harapan_bangsa
 
Indonesia POLRI BNN STMIK Swadharma logo_sma_muga