Kan Cuma Dikit

Salah seorang kakak kelas SMA pernah menuturkan pengalamannya saat diajar salah seorang guru galaknya. Waktu itu suasana kelas sedang hening. Namun tiba-tiba dari kursi belakang terdengar bunyi "thiiiiit..." Sebenernya pelan, tapi karena hening tetep aja kedengeran. Bukan entut mberut kategorinya, tapi hanya sekedear entut urang.


Si guru mendadak murka. Dilacaklah asal bunyi tadi. Maka akhirnya tertangkaplah si pelaku peledak bom biologis itu. Dengan pucat pasi dia menjawab tuduhan sang guru...:
Guru : Kamu kentut ya...?!!!
Murid : Ng...ng...nggak pak...
Guru : Nggak usah bohong... ayo ngaku!!! Kamu kentut kan?
Murid : Anu pak... anu.... nggak kok.....
Guru : Lha... yang tadi itu apa???
Murid : Kan... kan cuma dikitpak...
GLODHAAAKKKKK..........!!!

Cah rak nggenah. Meskipun dikit... kan tetep saja ngenthut. Tapi itulah yang seringkali terjadi di masyarakat. Mengabaikan yang sedikit. Sampai seringkali dianggap seakan nggak ada.

Saya masih inget, saat ada salah seorang pemabok yang mulai sadar, dia bilang sudah gak mabok lagi. Tapi sebagai gantinya tiap sore nyruput anggur cap Orang Tua. Mbareng ditegur, dia bilang... 'Halah, kan alkoholnya cuma dikit, kan gak memabokkan...". Sedikit dianggep nggak ada.

Salah seorang anggota ngaji saya pernah bertanya tentang makan daging babi. Simbah jawab, babi itu haram. Dia ngeyel, "Kalo cuma secuwil nggak papa kan Ad?" Secuwil dianggep nggak ada dan nggak apa-apa. Miturutnya, haram itu kalo ngemplok sak piring. Kalo dikit nggak apa-apa.

Demikian juga pendapat salah seorang satpam tetangga saya. Setiap harinya kumpul sama wong mendem jero murid pendekar dewa mabok. Karena ewuh pekewuh, akhirnya nenggak juga walau sak sloki. Saat ditegur isterinya dia beralasan, "Halah... kalo cuma sak sloki dan gak sampai mabok kan gak papa..."

Urusan ini merembert ke segala arah. Saat saya bicara obat yang mengandung alkohol, rata-rata dokter mengatakan, "Kan kadarnya cuma kecil... lha nggak apa-apa lah. Wong buat obat kok." Padahal alkohol di situ perannya bukan untuk obat.

Sayangnya ini juga merambah area perkorupsian. Saat korupsi cuma kecil, dianggep sepele. Wajar dan perlu. Bahkan kalo diusut dianggep kurang gaweyan. Sampai-sampai ada wacana buat memaapkan korupsi kalo cuma jutaan ripis. Yang namanya korupsi itu kalo jumlahnya minimal sak milyar. Kalo cuma ngapusi kwitasnsi belanja komputer, mark up biaya operasional dan segala tetek bengeknya... itu cuma gurem. Gak pantes diurus. Lha memang rezeki tambahan pegaw rendahan itu ya dari situ. Wis... gendheng kabeh.

Lha kalo kriwikan dibiarkan, akhirnya jadi grojogan juga. Menyepelekan hal kecil dan menganggap seakan itu gak ada, adalah awal kerusakan yang besar. Lha orang kesandung kan mesti sama barang cilik. Kalo ada orang kok kesandung gardu ronda, kuwi jenenge nubruk. Dudu kesandung iku...

0 komentar:

Posting Komentar

Berlangganan posting lewat email

Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner


Anak Indonesia Harapan Masa Depan

↑ Grab this Headline Animator


penerus_harapan_bangsa
 
Indonesia POLRI BNN STMIK Swadharma logo_sma_muga